Selasa, 21 Januari 2014

Motor DC

Motor listrik merupakan mesin yang berfungsi merubah energi listrik menjadi energi mekanis dalam bentuk putaran pada poros rotornya. Selanjutnya energi mekanis ini dikirim langsung melalui gawai penyalur mekanis keperlengkapan mekanis mesin untuk mengoperasikan dan melaksanakan fungsi mesin yang sebenarnya.


Ada dua jenis motor listrik yaitu motor arus searah (DC) dan motor arus bolak-balik (AC) yang masing-masing bekerja sesuai dengan karakteristiknya.
Motor DC
Motor dc selain harganya relatif lebih tinggi dari motor induksi, motor ini juga memerlukan sumber tegangan DC yang pengadaannya memerlukan suatu alat yang disebut rectifier, mengingat pasokan listrik yang tersedia berupa tegangan arus bolak-balik. Namun motor arus searah juga banyak digunakan pada beberapa mesin produksi, mesin pengangkat ataupun alat transportasi tertentu yang memerlukan karakteristik dan pengaturan yang khusus.
Adapun keuntungan dari motor arus searah ini adalah memiliki karakteristik mekanis dan pengaturan yang lebih baik mengingat karateristik pengaturan kecepatannya mudah diubah-ubah dengan memberikan catu daya atau pun resistan yang variabel hanya saja pada pengaturan menggunakan resistan memiliki rugi-rugi yang besar sesuai dengan tingkat pengaturan kecepatannya, karena semakin diperlukan pengaturan kecepatan yang rendah semakin besar nilai tahanan yang disisipkannya.
Motor dc dapat dibedakan berdasarkan sistem penguatannya, motor tersebut adalah:
  1. Motor DC dengan penguatan terpisah
  2. Motor DC dengan penguatan paralel
  3. Motor DC dengan penguatan seri
  4. Motor DC dengan penguatan kompon panjang dan pendek
Motor  penguatan terpisah
Motor penguatan terpisah adalah salah satu jenis motor DC yang penguatannya terpisah, itu artinya pada motor ini memiliki suplai tegangan yang yang berbeda sehingga tegangan penguatannya bisa diubah-ubah tanpa mempengaruhi tegangan suplainya.
Rangkaian motor penguatan terpisah 
Gambar  Rangkaian motor penguatan terpisah
Kelebihannya adalah motor ini memiliki karakteristik kecepatan yang linear sesuai dengan perubahan  tegangan penguatannya.
Motor paralel
Motor paralel atau motor shunt adalah jenis motor arus searah yang penguatannya diparalel dengan belitan jangkarnya. Sehingga motor dengan penguatan ini suplai tegangan yang menuju ke belitan jangkar sama dengan tegangan suplai yang menuju ke belitan penguatannya.
 Rangkaian motor penguatan paralel
Gambar  Rangkaian motor penguatan paralel
Kelebihan :
  1. untuk arus masuk yang sama torsi mula motor tidak setinggi torsi motor seri.
  2. kecepatan dapat diatur dengan perubahan tegangan dan dengan tahanan.
Motor Seri
Motor seri adalah motor arus searah yang penguatannya diseri dengan belitan jangkarnya. Sehingga pada motor ini tegangan suplai yang diberikan antara belitan penguatan dengan belitan jangkarnya berbeda, semakin besar tahanan penguatannya semakin jauh perbedaan suplai tegangannya. Pada motor ini tegangan di belitan penguatannya lebih besar dari tegangan di belitan jangkarnya.
 
Rangkaian motor penguatan seri
Gambar  Rangkaian motor penguatan seri
Kelebihan :
  1. Kecepatannya variabel
  2. Memiliki torsi mula yang tinggi
  3. Kecepatnnya dapat diatur bervariasi
Motor kompon
Lain halnya pada motor kompon panjang, pada motor tersebut disisipkan tahanan yang diseri dengan belitan jangkarnya dan penguatannya diparalel antara ujung-ujung belitan jangkar dan tahanan sisipan, sedangkan pada motor kompon pendek belitan penguatannya diparalel dengan belitan jangkarnya dan kaki salah satu ujung tahanan diletakan antara belitan jangkar dan belitan penguatannya. Dengan demikian dapat dibedakan tegangan pada belitan jangkar di motor kompon panjang lebih besar dengan tegangan jangkarnya, sedangkan pada motor kompon pendek tegangan di belitan jangkar sama dengan tegangan di belitan penguatannya.
Rangkaian motor kompon panjang
Gambar  Rangkaian motor kompon panjang

Rangkaian motor kompon pendek
Gambar  Rangkaian motor kompon pendek
Kelebihan :
  1. Memiliki kecepatan yang variabel
  2. Memiliki torsi mula yang tinggi
  3. Kecepatannya dapat diatur bervariasi
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar