Kamis, 17 April 2014

7 Cara Meningkatkan IQ Secara Alami

IQ merupakan (Intelligence Quotient) suatu ukuran yang digunakan untuk mengukur dan membandingkan tingkat intelijen otak manusia. Walaupun IQ tinggi tidak menjamin kesuksesan anda, namun ada beberapa keuntungan memiliki IQ yang tinggi terutama dalam masa sekolah dan berbisnis. IQ sendiri di yakini merupakan bawaan dari lahir sampai dengan dewasa, namun IQ juga dapat ditingkatkan dengan usaha dan latihan untuk melatih otak. Untuk itu ada berbagai cara meningkatkan IQ otak baik untuk anak anak ataupun orang dewasa yang dikembangkan oleh berbagai ahli.


IQ yang tinggi sangat erat kaitannya dengan tingkat kecerdasan seseorang dan terkadang juga menjadi salah satu faktor yang menjadikan orang tersebut suskes. IQ merupakan patokan akademik yang sangat penting terutama bagi yang sedang menempuh pendidikan. Tidak dapat dipungkiri seseorang yang memiliki IQ tinggi cendrung lebih mudah belajar dan memahami penjelasan materi.

Cara Meningkatkan IQ

Cara meningkatkan IQ yang dapat kita lakukan sebenarnya ada banyak mulai dari yang menyenangkan sampai yang sangat tidak disukai oleh kita.

1. Permainan yang mengasah otak
Ada banyak game atau permainan yang dapat meningkatkan daya ingat termasuk IQ  otak, contoh permainan ini adalah teka teki dan sudoku. Namun penambahan versi permainan lain tentu akan dapat mengasah otak, tipsnya adalah memainkan permainan yang lain agar dapat variasi sehingga IQ tidak bergerak stagnan.

2. Mendengarkan Musik Klasik
Musik klasik dipercaya dapat meningkatkan IQ manusia, bahkan beberapa ahli menyarankan agar mendengarkan musik ini selama mengandung atau untuk ibu hamil. Mendengarkan musik klasik selama 10 menit dipercaya dapat meningkatkan IQ.

3. Memperluas Lingkungan atau Bersosial
Berhubungan dengan masyarakat luas dapat meningkatkan pergaulan dan menambah wawasan, namun penting diketahui bahwa memperluas lingkungan pergaulan ini juga berdampak positif bagi perkembangan IQ. Orang yang memiliki pergaulan luas akan mempelajari banyak hal dan mencerna berbagai macam pendapat yang akhirnya dapat berdampak pada perkembangan IQ.

4. Membaca
Sudah tentu membaca adalah satu cara meningkatkan IQ kita, dengan banyak membaca kita akan dapat menambah ilmu pengetahuan dan wawasan yang luas. Membaca ternyata juga dapat meningkatkan fungsi otak dan kinerja daya pikir.

5. Mengkonsumsi Makanan Sehat Untuk Otak
Mengkonsumsi makanan yang dapat menunjang kesehatan dan untuk otak memang tidak ada ruginya. Ada banyak makanan sehat yang dapat menunjang kinerja otak. Contoh dari makanan sehat untuk meningkatkan IQ ini adalah ikan dan dan tomat. Selain itu telur dan makanan lain yang tinggi akan protein dapat membantu kinerja otak.

6. Istirahat Yang Cukup
Manfaat istirahat tidak hanya untuk meningkatkan daya ingat melainkan juga untuk meningkatkan IQ dan mengatasi rasa lelah setelah beraktivitas. Bagaimana pengaruhnya untuk peningkatan IQ, Istirahat dan tidur yang cukup dapat membantu kembalinya kinerja sel sel otak yang lelah setelah seharian beraktivitas.

7. Coklat Hitam
Manfaat coklat hitam dipercaya dapat mengembalikan memori dan mempercepat kinerja otak, namun perlu diingat coklat yang dimaksud disini adalah dengan keaslian 100% coklat. Karena banyak yang salah persepsi, coklat yang di pasaran umumnya telah dicampur dengan berbagai bahan lainnya.

Tips Cara Meningkatkan IQ Otak

Ada berbagai tips cara meningkatkan IQ otak dengan cepat dan penting untuk menunjang kinerja memori serta daya ingat secara umum. Namun dari berbagai pendapat para ahli dan ada berbagai tips untuk meningkatkan IQ kita agar tinggi.
  • Hindari stress, ada banyak cara menghindari stress saat belajar atau karena masalah lainnya, stress dapat membunuh sel atau jaringan di otak yang dapat menurunkan fungsi otak itu sendiri.
  • Tidur yang cukup, bagaimana pun kondisi seluruh bagian tubuh manusia membutuhkan istirahat begitu juga dengan otak.
  • Latihan yang rutin untuk mengasah fungsi otak akan dapat meningkatkan IQ kita secara pasti. Dengan latihan rutin kecerdasan dan wawasan akan semakin meningkat.
Cara meningkatkan IQ otak memang tidak semuanya berhasil dilakukan karena beberapa ahli percaya bahwa IQ adalah bawaan setiap orang dari lahir dan sulit untuk di ubah. Namun perlu diketahui tidak ada yang mustahil jika kita terus berusaha untuk meningkatkannya.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar