Minggu, 11 Agustus 2013

Desa Glugu



Geografi
Desa yang terletak di kecamatan mondokan,sragen ini,Secara Letak geografis desa Glugu terletak antara 7°20'43.77"S 110°53'55.71"T. Desa ini mempunyai luas 111,3 Ha serta mempunyai batas wilayah sebagai berikut :
Barat     : Desa Gembol kec.Sumberlawang
Utara     : Desa Jurang kec Mondokan
Timur     : Desa Sono kec Mondokan
Selatan  : Desa Gading kec Tanon

Jumlah Penduduk
Adapun jumlah penduduk yang sebagian besar bermata pencaharian petani ini adalah sejumlah kurang lebih 250 Orang,yang terdiri atas :
 - Kelompok usia yang penduduknya paling banyak adalah : 10 th - 14 th
 - Kelompok usia yang penduduknya paling sedikit adalah : 75 th keatas 

Jika dibanding luasan wilayah dan cakupan pekerjaan akan sangat kurang, tapi dengan memanfaatkan semua SDM dan SDA yang ada,semua kekurangan tersebut insya allah bisa teratasi.

Kesejahteraan Masyarakat
Pembanguna Jalan
Sarana dan prasarana didesa ini juga masih terlihat minim,sarana tersebut antara lain : Sumur besar (warga sekitar menyebutnya sumur gede atau sendang),Masjid,jalan (berupa cor beton) dll.
Pembangunan jalan sendiri desa ini menggunakan cor betonn yang membentang hingga batas desa. Pelaksanaan pembangunan tersebut dibiayai baik dari APBD II maupun swadaya masyarakat.

Peternakan
Pengembangan Peternakan didesa ini sudah sangat maju, ini dibuktikan dengan banyaknya warga yang mengandalkan peternakan milik hewan ternak tersebut antara lain : Sapi,Kambing,Ayam,Itik,bebek,Lele, Disamping itu kemampuan dan kemauan masyarakat dalam berternak juga patut diacungi jempol karena mereka telah melaksanakan deversifikasi peternakan dengan belajar berternak yang lain,misal jangkrik,ikan Hias,mujair,burung dll

Pertanian Tanaman Pangan
     Pengembangan tanaman pertanian didesa ini sudah lumayan maju, ini dibuktikan dengan luasnya tanaman padi organik . Disamping itu kemampuan dan kemauan masyarakat dalam pertanian juga patut diacungi jempol karena mereka telah melaksanakan deversifikasi pertanian dengan menanam cabe, bawang merah, melon, semangka dan lain – lain.

Keagamaan
     Desa glugu ini termasuk wilayah yang berpenduduk dengan tingkat religi serta mempertahankan budaya yang tinggi. Penduduk disini hampir 99 % adalah muslim.

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar